Saturday, October 11, 2008

How To Pass The Goethe-Zertifikat A1 Test

Aku punya trik untuk kalian yang ingin lulus ujian A1 sebagai persyaratan mengurus visa tinggal di Jerman. Hal ini mungkin bisa membantu teman-teman yang kondisi keuangannya tidak begitu prima, sehingga tidak perlu les yang mahal-mahal. Karena biaya ujiannya sendiri sudah cukup menguras kantong.
Ada perbedaan jika kita niat belajar bahasa Jerman dengan mengikuti kursus, dibandingkan dengan hanya memerlukan keahlian bahasa Jerman sampai tahap tertentu untuk lulus ujian A1. Jika kita mengikuti kursus, ilmu yang diberikan benar-benar sampai detail, terutama structure. Dan aku jamin, structure bahasa Jerman benar-benar bikin pusing! Akan tetapi jika hanya ingin lulus A1, tidak perlu seribet itu kok. Intinya, ujian A1 terdiri dari written examination, yaitu hören (listening), lessen (reading), schreiben (writing) dan oral examination, yaitu sprechen (oral) dalam sebuah grup atau berpasangan.

Written Examination (Durasi: 65 menit. approx.)

Hören - Listening (3 bagian)
Anda mendengarkan beberapa teks singkat – percakapan sehari-hari, pengumuman resmi, pribadi dan pembicaraan telepon resmi – dan Anda mencatat informasi yang relevan.

Lessen - Reading (3 bagian)
Anda membaca beberapa teks singkat – laporan pendek, iklan kecil, tanda peringatan dan informasi, pemberitahuan – dan Anda mencatat informasi yang relevan.

Schreiben - Writing (2 bagian)
Anda mengisi beberapa informasi yang kosong pada sebuah formulir dan menulis sebuah pesan pribadi singkat (seperti surat, e-mail) sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

Oral Examination (Durasi: 15 menit. approx.)
Ujian ini terdiri dari 3 bagian:
- Anda memperkenal diri Anda sendiri,
- Anda bertanya dan memberikan informasi yang berhubungan dengan topik sehari-hari,
- Anda membuat permintaan dan bereaksi terhadap sebuah permintaan.

Dan download aja contoh-contoh soal ujian A1 di website ini:
http://www.goethe.de/lrn/prj/pba/sd1/mat/enindex.htm
Disite tersebut anda bisa melihat contoh soal ujian A1 baik secara online, maupun yang bisa di download untuk dipelajari sendiri. Bahkan untuk hören (listening) pun ada fasilitasnya. Tapi ada 1 hal lagi yang benar-benar bisa membantu teman-teman lulus dengan mudah. Jika memungkinkan, coba cari buku ini: Start Deutsch 1. Fit fürs Goethe-Zertifikat A1, Tips und Ubungen terbitan Hueber. Bukan mau mempersulit sih, sebenarnya aku belum pernah cari buku ini di toko buku, soalnya buku ini suamiku dapat karena dicopykan oleh gurunya ketika kursus di Goethe. Coba deh dicek di toko-toko buku, kalau perlu beli online. Karena buku ini benar-benar worth fighting for. Buku ini mengarahkan pola fikir kita bertahap sesuai dengan soal-soal ujian A1 yang sesungguhnya. Ditambah lagi termuat beberapa contoh soal ujian A1. Sesuai dengan pengalamanku, semakin sering kita mempelajari, mencoba mengerjakan berbagai contoh soal A1, pada saat ujian akan lebih memudahkan kita, karena kita sudah familier. Atau kalau buku tersebut tidak didapat, coba cari lebih banyak contoh-contoh soal ujian A1, baik di toko buku maupun di internet. Karena kalau kita khusus belajar dengan pola yang sesuai dengan soal-soal ujiannya, kita tahu pasti medan perang kita. Dan satu trik lagi, terkadang pada contoh-contoh soal ini bisa muncul di soal ujian A1 yang sesungguhnya lho. Jadi terkadang kita hapal dengan jawabannya. Trust me! Bisa diakalin kok.

8 comments:

  1. Thanks 4 sharing... Bukankah sebetulnya emang itu yg lebih penting (fungsional sehari-hari), biar bisa ngobrol. Drpd bljr structure melulu (kayak English di SMP/SMA), jadinya malah gak brani ngobrol ya? Mbak sy lihat bagus lho bhs Inggris n Jerman-nya.

    ReplyDelete
  2. Sekitar 2 bulan lalu saya mengikuti tes untuk mendapatkan sertifikat goethe A1, dan Alhamdulillah saya lulus dengan predikat sehr good (very good). Informasi dan tips di atas betul-betul sangat membantu. Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan sertifikat A1, saya recommend tips dari Mba Aisyah karena memang very helpful&worth fighting for :-)
    Salam -eka-

    ReplyDelete
  3. sehr gut maksudnya,hehee

    ReplyDelete
  4. sehr gut und prima! vielendank! :)

    ReplyDelete
  5. Biaya untuk ujiannya sendiri berapa ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya balas di web nih. Coba dibaca dibawah ya.. :)

      Aisyah I.

      Delete
  6. Aisyah I.:

    Dear Anonymous,

    Wah, tampaknya saya terlewat menyebutkan nominal biaya ujiannya ya? Hehehe.. Saya sendiri sekarang sudah lupa. Tapi, saya coba bantu googling lagi nih.

    Berdasarkan website berikut (http://www.goethe.de/ins/id/id/jak/lrn/prf/sd1.html), biaya ujian A1 adalah 70 EUR atau Rp 1.100.000.

    Ujian Goethe-Zertifikat A1: Start Deutsch 1.
    Start Deutsch 1

    Ujian
    26 Agustus 2014
    Goethe-Institut Jakarta
    Biaya: Rp 1.100.000,- / Peserta Kursus Rp 950.000,-

    Pendaftaran:
    14 s.d. 20 Agustus 2014
    Biaya ujian dibayar dalam mata uang rupiah dengan kurs yang berlaku pada saat pendaftaran ujian.
    Biaya ujian dapat ditransfer ke rekening kami atau dibayar tunai pada waktu pendaftaran ujian.


    Ujian Goethe-Zertifikat A1: Start Deutsch 1.
    Start Deutsch 1

    Start Deutsch 1

    Ujian
    28 Oktober 2014
    Goethe-Institut Jakarta
    Biaya: € 70 / Peserta Kursus € 60

    Pendaftaran:
    16 s.d. 22 Oktober 2014

    Biaya ujian dibayar dalam mata uang rupiah dengan kurs yang berlaku pada saat pendaftaran ujian.
    Biaya ujian dapat ditransfer ke rekening kami atau dibayar tunai pada waktu pendaftaran ujian.

    ReplyDelete
  7. salam kenal mba, saya juga ingin ikut ujian A1 sempat les sampai level A1.1 apakah memungkinkan untuk saya dapat lulus ujian A1? sekarang saya sedang cari2 dan sedikit mempelajari contoh2 soal ujiannya yang saya dapet dari link2 di web goethe dan beberapa kali ke biblio goethe jakarta untuk lihat2 contoh soal. Untuk buku start Deutsch 1 juga saya sudah mencari kmn2 tapi ga ketemu, di bibliothek goethe jakarta ada tapi ga boleh dipinjam, saya bingung mau cari kmn lagi :(

    ReplyDelete