Tuesday, November 18, 2014

Alfred - The nanny cam

Bagi Anda working mommies yang mungkin saat ini sedang mempertimbangkan memasang cctv di rumah, untuk memantau si kecil saat Anda sedang bekerja, atau penasaran dengan bagaimana si bibi memperlakukan anak kita setiap hari, coba deh alternatif lain yang lebih murah dengan 'do it yourself project' ini.

Terinspirasi dengan kondisi dimana keluarga kecil kami memutuskan untuk tidak lagi memakai jasa asisten rumah tangga, aku merasa perlu memantau anak-anak dirumah dengan lebih ekstra.

Pemasangan cctv untuk rumah mungil kami kurasa terlalu lebay. Mahal pula! Secara ngga ada barang berharga selain anak-anak dirumah yang perlu dipantau. Jadi penasaran alternatif murah lainnya. Ternyata hp android bekas atau hp android murah merek-merek Cina bisa dimanfaatkan. Total pengeluaran bisa dibawah 1 juta moms! Pastikan Anda memiliki koneksi Wi-Fi dirumah ya..

Setelah mencoba browsing di internet, dan tentu saja proses trial and error, akhirnya aku dengan bangga merekomendasikan kepada para mommies, aplikasi android di Google Play Store: Alfred, the nanny cam!

Yang perlu dipersiapkan:
  1. Hp android untuk kamera, dan hp android Anda untuk memantau. Hp android yang difungsikan sebagai kamera bisa hp lama Anda yang tidak terpakai lagi, atau Anda bisa membeli hp android dibawah 1 juta dengan spesifikasi lumayan yang saya rekomendasikan juga (cek disini).
  2. Alat penjepit untuk meletakkan hp kamera pada posisi yang diinginkan. Di situs web developer Alfred, Anda akan diberikan beberapa ide tentang bagaimana hp bisa diletakkan. Jika tidak ada penjepit khusus hp (cek disini), Anda juga bisa lebih kreatif menggunakan mug atau meletakkannya diantara buku-buku Anda.




Caranya:
  1. Download aplikasi Alfred dari Google Play pada kedua hp Android Anda. Masing-masing menggunakan akun google yang sama. Hanya saja, salah satu hp di set sebagai camera, sedangkan yang lainnya sebagai pemantau / viewer. 



  2. Letakkan hp kamera di posisi yang Anda inginkan. Alfred memungkinkan Anda untuk menggunakan lebih dari 1 kamera. Jika diperlukan, cukup tambahkan beberapa hp kamera ditempat-tempat yang Anda inginkan. Dan setting sebagai camera dengan cara yang sama seperti poin nomer 1 diatas. 

  3. Koneksi Wi-Fi di rumah. Bahkan hp android Anda tidak perlu menggunakan SIM card. Cukup dengan koneksi Wi-Fi, aplikasi Alfred akan bekerja dengan luar biasa.
  4. Buka aplikasi Alfred di hp andorid Anda sebagai viewer. Dimana saja selama ada akses internet Wi-Fi maupun 2G/3G/4G, Anda bisa mengaksesnya. Dan voila! Anda bisa melihat bahkan mendengar tingkah laku mereka selama dirumah.






Tips: Karena hp akan digunakan pada periode waktu yang mungkin cukup lama, untuk menghindari hp Anda low bat dan mati, posisikan dekat dengan sumber tenaga listrik dan charger tersambung hingga Anda sampai kembali kerumah.

Walaupun Alfred memberikan opsi 'power saving' untuk konsumsi baterai yang lebih hemat, tapi berdasarkan pengalamanku, hp android Nexianku tidak bisa on terus selama 13 jam aku diluar rumah. Jadi dicolok terus deh tuh charger, dan baru di cabut saat aku pulang kantor.

Apakah Anda se-excited saat aku mencoba dulu? Well, tunggu apa lagi? Coba sekarang! Dan jangan lupa share pengalaman Anda. 

No comments:

Post a Comment