Tuesday, November 18, 2014

Part time writer - Penulis artikel online part time

Berawal dari kegelisahanku yang saat itu hanya diam dirumah sebagai full time mom, kayanya ada yang kurang deh. Nih otak rasanya kudu diberdayakan. Dan uang jajan tampaknya perlu ditambah. Hihihi..

Browsing deh aku cari kerja part time di internet. Saat itu yang cukup banyak menjanjikan, pekerjaan yang bisa dilakukan di waktu senggang, sembari tidak meninggalkan rumah, adalah penulis lepas.


Setelah beberapa saat mencoba searching di google, ternyata ada aja employer lokal (baca: Indonesia) yang membutuhkan penulis lepas, dan bersedia membayar Anda sesuai kontribusi yang diberikan.

Kerja online bukan scam, saudara-saudara!! It's real! Sebulan aku pernah dapat transfer kurang lebih Rp 1.000.000 untuk penulisan beberapa artikel yang di publish di sebuah situs berita lokal online.

Pengalamanku bergabung dengan sidomi.com memang cukup membekas di hati. Kebetulan admin alias 'si bos' ku sangat baik, dan membimbingku tanpa pamrih.

Cara penulisan artikel yang menjual, bahkan sedikit ilmu tentang SEO (Search Engine Optimization) dibaginya denganku. Tidak jarang ia mengapresiasi jika tulisanku cukup banyak di baca, di respon atau di like pembaca online.

Bagaikan seorang pimpinan sebuah perusahaan, ia bahkan sempat mempromosikanku untuk fokus menulis di satu lini tema baru untuk situsnya. Kita bahkan selama itu hanya berkomunikasi via email. Bos satu ini memang mantab!



Pengalaman lainnya, aku ikut membantu seorang konsultan pendidikan yang menawarkan jasanya melalui website pendidikan online.

Dari hanya sekedar translate beberapa artikel, dan menuliskan pengalaman studi atau tinggal di luar negeri, ia mengganti jasa kontribusiku dengan nominal fantastis.


Walaupun pengalaman yang cukup tidak menyenangkan juga pernah aku alami. Ketika aku mencoba bergabung dengan sebuah situs "how to" versi Indonesia, pihak employer menuntutku menghasilkan tulisan dalam jumlah yang tidak masuk akal perhari. Dengan tema yang lebih absurd. Dan kompensasi yang tidak worth it. Wah, mundur teratur deh.

Nah, bagi kalian yang saat ini sedang mempertimbangkan untuk mencoba peruntungan sebagai penulis artikel online, bisa mengikuti tips-tips berikut:


1. Jangan pernah menyerah mencari info lowongan penulis online di internet.

Gunakan saja kata-kata pencarian "lowongan penulis online", "lowongan penulis artikel online", "lowongan content writer", atau sejenisnya di google search. Coba semua kemungkinan pekerjaan yang serupa hal tersebut. 

Lakukan komunikasi /lamaran via email ke admin situs-situs yang mungkin membutuhkan penulis artikel. Siapa tahu Anda beruntung.

2. Memiliki blog sebelumnya cukup membantu. 

Komunikasi awal yang dilakukan employer biasanya meminta menunjukkan hasil tulisan yang sudah pernah di publish online. Arahkan saja mereka ke alamat situs blog Anda, dan buat mereka tercengang dengan bakat Anda!

3. Waspada scam.

Walaupun rentan dengan scam, tapi selama dirasa tidak mencurigakan, coba bangun rasa saling percaya diantara kedua belah pihak. 

Tunjukkan profesionalisme dalam setiap tugas yang diberikan. Tahap-tahap awal biasanya merupakan proses percobaan. Hasil tulisan mungkin hanya sedikit. Ini bisa digunakan sebagai periode test untuk membuktikan employer tidak wan prestasi memberikan kompensasi. 

Pembayaran fee biasanya dilakukan tiap periode tertentu. Selama Anda cocok dengan perhitungan kompensasi, dan pada periode awal pembayaran lancar dilakukan, selanjutnya Anda bisa lebih fokus dan mulai menetapkan target pencapaian yang ingin Anda peroleh dengan meningkatkan hasil tulisan.


Walaupun judulnya part time, ternyata pekerjaan menulis ini tidak mudah. Perlu meluangkan waktu untuk research dan menguasai bahan tulisan. 

Sempat aku mencoba meneruskan pekerjaan part time ini berbarengan dengan pekerjaan tetapku saat ini. Waahh... klenger!! Ngga mampu! Jadi resign deh bos. Mudah-mudahan penulis berbakat lain bisa menggantikan posisiku yah. Hehhehe..

Untuk para mommies, jangan tinggalkan kewajiban Anda sebagai ibu rumah tangga yang baik karena terlalu excited dengan pekerjaan ini ya. Karena terkadang saking semangatnya mengejar up date berita terbaru untuk ditulis, jadi lupa anak dan masaknya. Hehehe., Curcol nih ceritanya. 

Namun untuk Anda yang hanya berorientasi pada Rupiah, ingat! Jangan hancurkan integritas Anda dengan menghasilkan karya yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Selebihnya, selamat berkarya! Kutunggu hasil tulisanmu di jagad maya ini. :)

2 comments:

  1. mbak adalowongan penulis lepas yangmbak tahu gak,kalau ada bisa kasih tahu aku ,aku lg butuh uang mbak buat kehidupan kuliahku aku ,hanya mahasiswa biasa mbak yang mencoba untuk menulis. Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  2. mbak adalowongan penulis lepas yangmbak tahu gak,kalau ada bisa kasih tahu aku ,aku lg butuh uang mbak buat kehidupan kuliahku aku ,hanya mahasiswa biasa mbak yang mencoba untuk menulis. Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete