I always love February! Selain dikenal dengan bulan cinta (cieee…),
secara Valentine’s Day ada di bulan ini kan. Di bulan ini juga, Bunda Echa dan Varo berulang tahun. J Yippy… Happy
birthday for me!!
Tapi pada bulan ini juga, semua kartu identitasku expired. Terutama SIM
A dan C pegangan wajib dan penting untuk transportasi sehari-hari pulang pergi
kerja di ibu kota ini.
Dilema mulai muncul. Haruskah aku pulang kampung untuk
memperpanjangnya?? Habis berapa banyak nih biaya nya. Hiks.. hiks.. (Nasib
perantau, KTP masih kampung)
Namun, Allah masih sayang denganku. Baru-baru ini pihak Kepolisian me-launching
SIM Online di beberapa daerah di tanah air. Tujuannya, agar perantau seperti
saya, dapat dibantu memperpanjang SIM nya tanpa harus kembali ke kampung halaman.
Singkat cerita, setelah browsing-browsing mempelajari pengalaman
orang-orang yang sudah pernah mencoba menggunakan layanan SIM Online ini, untuk
Anda yang berdomisili di sekitar Jakarta Timur dan Selatan, bisa memakai
rekomendasi saya berikut:
- Datanglah ke Kantor SATLANTAS Kebon Nanas Jakarta Timur yang terletak di Kav.55 Jalan Mayjend. D.I. Panjaitan, 13410. Posisi kantornya tepat di sebelah kanan Kantor SAMSAT Jakarta Timur.
Dalam peta, berikut adalah lokasinya:
Dan berikut adalah penampakan gedung bagian depan:
Pasti Anda tidak ada kesasar. Untuk amannya, silahkan datang pada
jam-jam operasional kerja umum. Saya datang saat itu pukul 09:00, dan SIM sudah
jadi di tangan pukul 09:30! Cepat, tepat, efisien! Tidak perlu ijin seharian bolos
kerja kan. J
- Begitu masuk ke dalam gedung, akan ada petugas penerima tamu di dekat pintu masuk yang dapat membantu Anda untuk menunjukkan proses pertama dalam pengurusan perpanjangan SIM tersebut.
Petugas ini juga yang bisa membantu Anda memastikan, apakah SIM daerah
asal Anda bisa di perpanjang di sini.
Pengalaman saya, untuk SIM daerah asal Surabaya, bisa di bantu proses
perpanjangannya di kantor SATLANTAS Jakarta Timur ini. Untuk daerah-daerah
lainnya, mudah-mudahan juga sama.
Sekali lagi, petugas penerima tamu ini dapat membantu memastikan dahulu,
apakah Anda bisa melakukan proses selanjutnya. Jadi, Anda tidak akan kecewa,
jika sudah melalui tahapan-tahapan proses perpanjangan, ternyata ditolak dengan
alasan belum ter-connect dengan
provider SIM daerah asal Anda.
- Berdasarkan informasi dari petugas penerima tamu itu jugalah, saya diinstruksikan untuk foto copy KTP dan SIM yang akan diperpanjang. Jumlahnya untuk SIM A dan C adalah 4 lembar foto copy KTP dan 2 lembar foto copy masing-masing SIM.
- Langkah selanjutnya adalah menuju ruangan tes Kesehatan. Masih dalam area gedung yang sama, namun letaknya di samping kanan diluar gedung utama. Anda dapat langsung masuk dan melakukan tes Ishihara atau tes buta warna.
Petugas akan
memberikan tanda bukti hasil pengecekan tersebut, dan untuk 2 SIM, saya harus
mengeluarkan dana sebesar Rp 50.000.
- Kemudian kembali ke gedung utama, dan masuk ke Loket 1 Asuransi.
Biaya yang dikeluarkan
adalah sebesar Rp 30.000/SIM. Jadi untuk perpanjangan SIM A dan C, saya harus
mengeluarkan dana sebesar Rp 60.000.
- Masih di area yang sama, kemudian kita beralih ke Loket 2 Pembayaran BRI.
Biaya perpanjangan SIM
A adalah sebesar Rp 80.000, sedangkan SIM C adalah sebesar Rp 75.000.
Seluruh proses dari
loket ke loket nyaris tanpa antrian! Seluruh customer dilayani dengan efektif
dan efisien. Dan mereka selalu mengingatkan untuk menghindari calo. (Walaupun
saking cepatnya proses dari satu loket ke loket yang lain, saya kok ngga liat
satupun calo yang mencoba menawarkan bantuannya ke siapa saja!).
- Kemudian kita akan diarahkan menuju loket selanjutnya (Loket 3 Tempat Pengisian Formulir).
Pada loket ini, kita
menyerahkan dokumen-dokumen pendukung dan dokumen-dokumen yang tadi sudah kita
selesaikan tahapannya:
- Foto copy KTP (2 lembar)
- SIM Asli
- Foto copy SIM (1 lembar)
- Hasil tes Kesehatan
- Bukti pembayaran dari BRI
Petugas akan menerima
dokumen-dokumen tersebut, dan akan memberikan Anda formulir isian yang harus
dilengkapi dan ditanda tangani.
Begitu selesai, cukup
kembalikan kepada petugas, dan tunggu di ruang runggu untuk mendapatkan tanda
bukti antrian foto. Tidak sampai 5 menit, nama Anda akan di panggil dari Loket
4 Input Data, untuk antri foto di ruangan agak kebelakang.
Note: Namun, dengan tidak mengurangi rasa hormat kepada para petugas, saya
ingin share kejadian yang saya alami
pada saat saya sampai di tahap ini.
Petugas pemberi
formulir, sempat “melihat-lihat” lagi data SIM saya, yang ternyata SIM daerah
luar Jakarta. Entah mengapa, dia merasa perlu menunjukkannya kepada petugas di
meja penerima tamu, dengan menekankan bahwa ini SIM daerah.
Kebetulan, petugas di
meja penerima tamu ini lain dari yang membantu saya pertama kali, walaupun
posisinya duduk berjajar, tapi pada saat awal saya tidak melihat beliau, karena
tampaknya beliau juga sewaktu-waktu harus mondar-mandir mengurus ini itu.
Agak cemas, takut
bermasalah, ternyata eh ternyata, petugas tersebut bilang sama saya, “Bu,
karena ini SIM daerah harus nambah Rp 75.000/SIM lagi”. Weleh-weleh.. Ya jangan
harap dapat kuitansi.
Saya cuma bisa nurut
saja, karena jujur, saya sudah sangat terbantu dengan tidak harus pulang kampung
hanya untuk proses perpanjangan SIM ini. Biayanya bisa lebih berlipat-lipat
daripada sekedar tambahan Rp 75.000/SIM!
Cuma saya merasa agak kecewa
saja. Sejak awal para petugas tiap loket sebelumnya sudah wanti-wanti untuk “Mengurus
sendiri saja”,”Langsung ke loket … saja”, dan kalimat-kalimat senada lainnya
yang menekankan agar kita tidak berurusan dengan calo.
Lha kok di loket kali
ini, justru petugas yang memungut pungutan tidak resmi alias pungli. ;( sedih..
- Selanjutnya, seperti yang saya sampaikan sebelumnya, Anda akan mendapat tanda bukti antrian foto dari Loket 4 Input Data. Antrilah ke ruang tunggu foto, untuk menunggu nama Anda dipanggil.
Lakukan foto dengan posisi terbaik, dan scan jempol
kanan serta tanda tangan di alat yang diminta. Petugas akan cross check kembali
kebenaran data SIM Anda, pastikan seluruhnya sudah tepat, agar tidak terjadi
kesalahan pada saat pencetakan.
- Keluar dari ruangan foto, tidak sampai 5 menit, nama Anda akan dipanggil dari Loket Produksi (Cetak Kartu). Dan voila! SIM Anda sudah ter-update dengan yang baru, terbitan Metro Jaya.
Tambahan informasi, nomor telpon Kantor Sat Wil Lantas Polres Metro Jakarta Timur, Kebon Nanas adalah 021-8564604.
ReplyDeleteJam pelayanan hanya sampai dengan pukul 13:00.
http://furnitureminimalis.net/category/buffet-minimalis
ReplyDeleteklo boleh tau satu sim, estimasi biaya yg harus disiapkan berapa sis?
ReplyDelete