Friday, January 8, 2016

Menu Sehat Dan Simple Untuk Keluarga

Saya percaya semua Mommies pasti punya idealisme untuk harus selalu bisa menyajikan menu sehat bagi keluarganya. Sesekali mungkin ide cemerlang muncul untuk ide menu sehat hari ini. Tapi untuk esok, lusa dan seminggu kedepan, terkadang kita kehabisan ide menu sehat apalagi yang mesti bisa disajikan. 



Ditambah lagi kriteria tidak ribet alias kalau bisa se-simple mungkin, dan dengan budget terkontrol, membuat seorang Mommy memang harus qualified me-manage seluruh urusan dapur. Selain juga harus bisa menyajikan sajian yang menggugah selera tentunya.


Dalam blog ini, saya ingin sharing pengalaman dan tentu saja variasi menu yang mungkin bisa Mommies contek untuk ide menu sehat keluarga di rumah.

Ada beberapa poin-poin tertentu yang saya coba terapkan dalam menu sehat keluarga, yang sebisa mungkin semua harus tercermin tidak hanya dalam sehari, tapi juga berkelanjutan pada hari-hari selanjutnya.

Beberapa poin tersebut antara lain:

  1. Saya memastikan untuk menggunakan variasi bahan dasar menu lauk utama (daging sapi, ayam, ikan dan atau telur) setiap hari. Jadi selain budget bisa terdistribusi dengan baik dalam periode sebulan, juga menghindari kebosanan jika setiap hari berturut-turut menyajikan menu daging saja atau ayam saja.
  2. Penyajian menu berbahan dasar telur juga dibatasi, mengingat putri kami dan mungkin beberapa putra putri mommies sekalian ada yang akan terpicu alergi nya jika menyantap hidangan telur terlalu sering.
  3. Pemilihan sayur yang bervariasi, menjauhkan kemungkinan anak menjadi bosan dan mengenalkan mereka bahwa sayur itu tidak hanya bayam saja. J
  4. Sebisa mungkin variasi menu barat (seperti aneka pasta), maupun tradisional (rawon) saya sajikan. Jadi wawasan kuliner anak-anak juga luas.
  5. Sesekali boleh lah memberikan makanan kesukaan hampir seluruh anak2 di dunia. Apalagi kalau bukan nugget dan french fries. :-p
  6. Tetap memberikan kesempatan cheat day, hari dimana kita bebas untuk memakan makanan diluar, baik cepat saji atau fine dining. Bisa diaturlah sesekali makan enak dalam anggaran belanja rumah tangga Mommies sekalian. J


Tanpa banyak cakap lagi, inilah beberapa menu variasi makanan yang bisa Mommies jadikan referensi:











Atau beberapa contoh menu pada saat bulan Puasa, dimana kita harus menyiapkan sahur dan buka seperti berikut:



Jika dirasa perlu melakukan rotasi/variasi buah, contoh diatas juga sudah dilengkapi dengan variasinya.



Yah, walaupun menu sudah disusun rapi jali, tetap saja ada dimana hari-hari para Mommies tidak mood masak atau bahkan ada keperluan lain yang lebih menyita waktu dan perhatian.

Dari pada sering menyuguhkan gorengan-gorengan instan (seperti nugget dan french fries) yang kurang begitu baik jika dikonsumsi terus menerus, ada baiknya Mommies menyimpan stock makanan instan lain yang lebih bergizi,

Saya mereferensikan abon daging yang juga keluarga kami konsumsi. (Sekalian jualan nih ceritanya, hehehe..)

Abon daging sapi halal

Produsen abon daging sapi ini adalah seorang kenalan baik Tante saya di Surabaya. Produk home industry yang diproses secara halal sejak penyembelihan sapinya, serta rasa yang nikmat dan cocok dengan lidah anggota keluarga, membuat saya tidak ragu untuk selalu menyimpan stock nya dirumah.


Abon daging sapi halal pedas

Sedangkan untuk si kakak, paling doyan dengan abon daging sapi yang pedas ini. Harganya cukup masuk akal kok di Tokopedia. Silahkan di coba kakak.... :)

Overall, semoga informasinya bermanfaat. Salam hangat untuk keluarga dirumah Moms!


No comments:

Post a Comment