Friday, September 25, 2015

Ke IKEA Yuuuuukkk...

Buat para mommies yang tinggal di seputaran Jakarta, saya yakin pasti sudah pernah absen ke IKEA Alam Sutera. Tapi bagi yang masih belum dan masih ragu untuk sekedar lihat-lihat atau belanja disana, mungkin bisa baca pengalaman saya.



Walaupun kesannya eksklusif (bayangkan toko furniture serupa seperti Informa maupun Atria), namun jika mommies bisa sabar dan teliti, banyak alternatif produk yang ditawarkan dengan harga lebih ekonomis.



Untuk mommies yang saat ini sedang mempertimbangkan untuk membeli perabot rumah tangga, tidak ada salahnya membandingkan antara toko-toko furniture konvensional dengan yang lebih modern.

Berdasarkan pengalaman saya, akhirnya saya jatuh hati dengan alternatif produk yang ditawarkan IKEA, dengan harga dibawah toko-toko furniture lainnya. Berikut saya share pengalaman dan tipsnya.

Proyek saya saat itu adalah meng-upgrade ruang tamu. Tidak cukup banyak pilihan yang bisa saya gunakan, untuk rumah mungil dan budget terbatas kami.

before

Namun, keinginan untuk mempunyai ruang tamu seperti dalam katalog-katalog interior desain yang mudah kita temukan secara online sangat kuaaattt (secara kalo lagi nganggur di kantor, senengannya browsing yang begituan. biasalah.. emak2. Hayo.. mommies yang lain ngaku juga dong!!)

Setelah berinvestasi cukup besar untuk sofa (hal ini mau tidak mau kami lakukan juga ;( hiks.. tagihan kartu kredit bengkak banget >_<'), kami perlu memutar otak untuk bisa melengkapi ruang tamu dengan aksesoris lainnya, dengan dana yang lebih terbatas.

Hasil survey kami ke toko-toko furniture konvensional, ternyata tidak cukup banyak pilihan rak tv dan meja kecil yang menurut kami cukup modern. Kebanyakan berbahan kayu jati. Dan pastinya, harganya kurang bersahabat. Walaupun tidak perlu diragukan kualitasnya. Ada sih yang masih di range harga IDR 800.000 - 1.500.000, namun desainnya kurang menarik. Yang lebih kokoh masih dikisaran IDR 2.000.000 keatas.

Namun untuk tambahan referensi rak tv dengan tipe-tipe simple, rak FUNIKA ini bisa diperoleh hanya dengan harga IDR 499.000 dari Bhinneka.com.

FUNIKA Entertainment Center [11257] - Black/Grey

Kemudian beralihlah kami ke toko-toko furniture modern setempat (Informa dan Atria). Produk yang ditawarkan justru banyak yang modern. Bahkan terkesan terlalu rumit, yang tampaknya didesain untuk rumah-rumah mewah besar. Yah.. gagal lagi deh. Ngga mungkin sesuai budget kita nih. Kisarannya diatas IDR 3.000.000!

Pilihan terakhir, setelah sebelumnya browsing dulu di katalog online nya, dengan tidak berharap terlalu besar, kami pun setengah hati melangkah kesana. Kenapa setengah hati? Jauuuhhhh dari tempat tinggal kami. 

Tapi ternyata langkah kami tidak sia-sia. Banyak alternatif pilihan produk, yang harganya bervariasi, desainnya menarik dan modern, yang cukup kita cocokkan dengan budget kita. Dan inilah hasilnya:


after

Mengapa saya katakan alternatif? Karena banyak produk-produk IKEA yang bisa di-alih-fungsi-kan, atau bahkan jadi dwi-fungsi atau multi-fungsi.

Seperti misalnya, alih-alih menggunakan rak tv konvensional, kami memilih menggunakan KALLAX Shelving Unit seharga IDR 1.299.000. (yang tentu saja kami rubah posisinya, menjadi mendatar). Cantik untuk meja tv, menempatkan receiver tv kabel, DVD player, juga display buku-buku maupun vas bunga dan foto.


Meja tamu yang kami gunakan pun cukup simple. Yang penting bisa digunakan untuk meletakkan sajian seadanya bagi para tamu. Kami pun ambil item yang sedang sale saat itu (sst... sampai sekarang masih sale lho!!). LACK Side Table dengan harga IDR 179.000.
Tidak lengkap rasanya jika tidak menambahkan karpet di ruang tamu kami. Sebagai penyuka warna biru, pilihan saya jatuh pada VILSUND Rug senilai IDR 1.299.000. Walaupun bukan made in Turkie, tapi Egypt pun sudah cukup bagi saya. :) 


Dan apakah mommies perhatikan floor lamp di ujung ruangan? Tebak coba harganya? NOT Floor Uplighter bisa didapat cuma dengan harga IDR 199.000! Tampilannya mewah kan? Tapi jangan kaget ya, dengan tidak mengurangi kepuasan saya, bahan paling atas terbuat dari plastik lho, bukan kaca. 

Overall, saya puasssss sekali dengan belanja saya kali ini. Dan untuk tips-tipsnya:
  1. IKEA Alam Sutera buka mulai pukul 09.00 - 23.00. Bisa dipastikan, weekend adalah hari paling padat pengunjung. Kalau bisa, datang se-awal mungkin. Karena rush hour dimulai menjelang waktu makan siang hingga sore hari.
  2. Mommies sangat disarankan sudah melakukan pengukuran dan pencatatan sebelumnya, untuk space dirumah yang akan dibelikan furniture nya. Hal ini untuk menghindari double kerja, buang waktu bolak-balik, atau bahkan membeli barang yang terlalu besar/kecil.
  3. Jangan kaget juga, IKEA menerapkan sistem self-service. Artinya, sebagian besar produk harus mommies ambil sendiri di gudang penyimpanannya. Tidak perlu panik! Seluruh pengunjung juga melakukan hal yang sama. Ini justru akan jadi pengalaman yang baru yang menyenangkan.
  4. Pada saat memasuki area store IKEA, mommies akan diarahkan langsung naik ke showroom di lantai 2. Akhir dari showroom tersebut, akan ada restoran. Restoran itu menyajikan fine dining! Artinya, makanan mewah, premium dengan harga yang sepadan. Jika Anda memiliki budget terbatas, bersabarlah sebentar, dan turun ke lantai bawah. Di lantai bawah setelah kasir, Anda dapat membeli jajanan seperti hot dog, roti goreng, ice cream, soft drink, coffee and tea dengan harga sangat bersahabat! :)
  5. Menjelang pintu kasir, coba mommies tengok ke sebelah kanan. Disitu diletakkan barang-barang reject, dengan harga diskon yang cukup besar. Kalau mommies beruntung, siapa tau ada item yang mommies cari, dengan sedikit noda, tapi harga sudah jauh lebih murah.
Well, sementara itu saja tips-tips yang bisa saya share disini. Apakah mommies lainnya punya pengalaman serupa? Atau lebih? Share dong! J


No comments:

Post a Comment